f 7 Penyebab Smartphone Lama Mengisi Daya, Kamu Harus Tau! - EmansaTech

7 Penyebab Smartphone Lama Mengisi Daya, Kamu Harus Tau!

Penyebab Lelet Ngecharge
Gambar ilustrasi
EMANSATECH - Normalnya mengecharge Hp/Smartphone itu berapa jam? 1, 3, apa 10 jam?

Wah kalau nyampe 10 jam itu patut dipertanyakan, hihi

Ya..jadi ideal (normal) nya ngecas Hp itu 3-4 jam sampe bener-bener full.

Kecuali smarphone keluaran terbaru yang memang didesain khusus agar bisa mengisi daya dengan cepat alias (fast charging).

Teknologi fast charging hanya dapat ditemui pada smartphone keluaran mulai tahun 2014 keatas.

Dan hanya merk tertentu yang menerapkannya, tentunya merk yang pasaran lah yaw..

Contohnya.. ****.upps nggak boleh nyebut merk deh, hehe

Udahlah di artikel kali ini saya nggak membahas itu, melainkan akan membahas beberapa penyebab smartphone lama mengisi daya.

Nah kebetulan artikel ini saya tulis berdasar beberapa pengalaman saya sendiri.

Jadi hampir 90% dipastikan work (berhasil) untuk dicoba sekaligus diterapkan pada smartphone kamu.

Baik langsung saja simak 7 penyebab nya dibawah ini.

7 Penyebab Smartphone Lama Mengisi Daya, Kamu Harus Tau!


1. Kabel Charger (cas)

Langkah pertama yaitu cek terlebih dahulu chargernya, mulai dari kepala charger hingga kabel dan ujung chargernya.

Dikarenakan charger digunakan hampir setiap hari, wajarlah yaw kalau rentan rusak.
Kabel Charger Mengelupas
Kabel Charger Mengelupas
Kalau ada keanehan misalnya kabel mengelupas atau putus, yah mungkin itulah penyebab lamanya pengisian daya.
Karena sebagian arus terbuang jika kabel tidak tersambung dengan sempurna.

Selanjutnya, cobalah untuk mengganti kabel charger dengan yang lebih bagus.
Cirinya kabel lentur tidak mudah putus serta pilih yang panjangnya sedang, karena jika terlalu panjang akan mudah tersenggol dan putus lagi deh..

Apabila sudah mengganti kabel namun belum berhasil, coba lihat penyebab lainnya.


2. Sumber Pengisian Daya

Sumber Pengisian Daya Yang Benar dan Salah
Benar                                         salah
Periksa sumber daya yang kamu gunakan, kalau dari USB komputer atau laptop pasti lelet ya..

Karena arus yang bekerja pada USB 3.0 sebesar 0,9 mA sedangkan pada USB 2.0 untuk smartphone pada umumnya hanya sebesar 0,5 mA.

Jadi lebih baik gunakan sumber pengisian daya dari stopkontak PLN yang ada ditembok ya, tapi gunakan adapter atau charger jangan langsung tancepin ke colokan. Nanti bisa mleduk parahhh..hehe


3. Charger (Adapter) Mulai Rusak

Memang charger didesain agar kuat dan tahan terhadap benturan, tapi hal tersebut nggak menjamin komponen dalamnya tetap aman.
Bisa saja komponen terlepas karena jatuh dari meja ataupun benturan lainnya.

Charger pasti membutuhkan listrik PLN, nah terkadang tegangan yang melonjak dapat membuat komponen dalam charger gosong bahkan terbakar seperti resistor dan trafonya.

Untuk itu segera cari (beli) charger/adapter baru yang sesuai dengan spesifikasi standar smartphone kamu.
Saya kasih bocoran nih,

•INPUT/TEG LISTRIK : 100-240V~
•FREKUENSI : 0,15A
•OUTPUT. : 5V---0,7A

4. Smartphone Lama

Yak, tidak bisa dipungkiri lagi. Seperti yang saya tulis sebelumnya bahwa smartphone lama atau keluaran sekitar tahun 2014 kebawah tergolong smartphone lama.

Biasanya teknologi pada smartphone lama belum terlalu mumpuni atau canggih, misalnya prosesor yang lelet dalam menerima aliran listrik saat diisi daya.

Karena nggak mungkin mengganti sebuah prosesor baru pada hp lama.
Solusi satu-satunya yaitu dengan membeli prosesor alias beli Hp baru, hihi ^_^


5. Baterai Rusak

Mungkin juga leletnya pengisian daya karena baterai yang mulai rusak, entah itu rusak karena cacat produksi maupun rusak karena cara pemakaian.

Kalau rusak karena cacat produksi solusinya tukarkan dengan baterai baru jika garansi masih ada, kalo garansi sudah hangus alias expired ya..LEMBIRU aja (Lempar Beli Baru) baterai ke konter hp yang cocok dengan Hp mu. Hahaha

6. Perilaku Saat Nge-Charge 

Perilaku Saat Ngecharge
Gambar ilustrasi
Meskipun kadang terlihat sepele,

“halah tinggal colokin ke stopkontak lalu pake Hp sambil nonton video apalagi ngegame sepuasnya,” 

Wah wAh waH..ini yang bikin semuanya berantakan.

Karena hal ini bisa menimbulkan berbagai permasalahan bagi Hp itu sendiri, antara lain baterai kembung, adapter panas, layar error (mencet sendiri), Dll.

Jadi sebaiknya saat Hp sedang dicharge hentikan semua proses yang bekerja. Seperti nonton video, main game, telponan.

Dan perilaku terbaik saat ngecharge Hp yaitu dengan mematikan daya Hpnya. Karena dengan cara itu semua aplikasi dan proses yang bekerja akan berhenti secara otomatis.


7. Port USB Rusak

Port USB Smartphone Sudah Rusak
Gambar ilustrasi
Penyebab terakhir yaitu port USB (konektor daya) yang ada pada smartphone memang sudah berkarat dan cenderung rusak.

Hal ini wajar jika smartphone sudah berumur alias lama, karena hampir setiap hari pemakaian pasti menggunakan port USB ini.
Pasang-copot-pasang-copot saat ngecharge lah yang bisa membuat port USB rusak.

Kuningan pada bagian dalam port USB dapat berkarat atau bengkok jika cara melepas dan memasang charger tidak tepat.

Jadi usahakan berhati-hati saat memasang maupun melepas ujung charger.
Sayang kan, jika smartphone baru beli eh..port USB nya rusak karena pemakaian yang ngawurr.

Solusinya bawa smartphone ke tukang servis Hp atau konter yang melayani untuk mengganti port USB yang sudah rusak. Paling biayanya nggak nyampe 20 ribuan.

Gimana, cukup jelas kan..beberapa penyebab smartphone lama saat mengisi daya diatas?

Tentu karena artikel versi EMANSATECH selalu berusaha menghasilkan yang terbaik dan terjelas sejelas-jelasnya bagi kamu.

Nah, tips terakhir agar pengisian daya smartphone mu berjalan dengan baik dan lancar,
yaitu gunakan dengan bijak smartphone beserta kelengkapannya saat melakukan proses charging.
Seperti mematikan dayanya, gunakan adapter(charger) bawaan pabrik, gunakan sumber daya dari stopkontak PLN, Dsb.

Cukup sekian artikel tentang 7 Penyebab Smartphone Lama Mengisi Daya, Kamu Harus Tau! versi ©EMANSATECH.

Semoga bermanfaat.. ^_^

7 Responses to "7 Penyebab Smartphone Lama Mengisi Daya, Kamu Harus Tau! "

  1. Mantap broo... Jadi tau deh kenapa ni hp nge-casnya lama amat... Makasih bro atas informasinya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, makasih sudah berkunjung di blog sederhana ini mas^_^

      Hapus
  2. Prilaku saat nge-charger itu lho yg susah dihindari wkwk

    BalasHapus
  3. Yah... Aku biasanya ngecas sambil main...hehehe... Padahal nggak baik, kan? 😅😅

    Oiya, terima kasih informasinya...
    Semangat!😉😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nggak baik tentunya, sama-sama😊

      Hapus

Berkomentar yang baik dan membangun, sebelumnya terima kasih sudah berkomentar^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel