f Cara Membuat Penjepit PCB Mudah Banget - EmansaTech

Cara Membuat Penjepit PCB Mudah Banget

Gambar Cara Membuat Penjepit PCB Mudah Banget

"Apa kamu suka dengan elektronik?"
"Apa kamu suka otak-atik alat elektronik?"
"Apa kamu hobi elektro?"

Tentunya pernah main solder kan,

Coba saya tebak, pasti kamu pernah kesulitan saat menyolder karena bingung megang papan PCB nya kan?

Entah itu karena kesulitan karena PCB goyang atau kurang kuat dll.

Hal itu sangat wajar terjadi pada Tuser (tukang servis) pemula seperti saya ini.

(Saya bukan Tuser sih,cuma suka ngoprek aja hehe)

Nah dari hal tersebut saya mencoba berpikir serta bertanya dalam hati.

"Gimana ya biar mudah saat nyolder PCB yang simpel kayak gini?"

Akhirnya setelah beberapa saat berpikir, saya menemukan sebuah inisiatif ide yaitu membuat penjepit PCB dari barang bekas yang ada di gudang.

Di hari jumat sesudah sholat jumat, saya mulai cari bahan. Bahannya cukup simpel nggak usah beli kalo emang ada di sekitar rumah.

Alhamdulillah bahan yang ingin saya cari ada semua di gudang, walau bekas.

Berhubung bahan sudah siyap, kali ini kita mulai buat Penjepit PCB nya.

Langsung simak yuk!

Cara Membuat Penjepit PCB

Gambar  Bahan Membuat Penjepit PCB
Gambar Bahan Penjepit PCB

A. Alat dan Bahan
    √ Tang biasa
    √ Pisau / tatah
    √ Kaleng susu bekas
    √ Kawat besi (rangkap 3)
    √ Selang kecil
    √ Jepit buaya/jepit kertas
    √ Pasir dan semen secukupnya

B. Langkah Pembuatan

1. Buka bagian atas kaleng dengan pisah atau tatah. ( buka disini tujuannya untuk memasukkan cor semen)

2. Pasang jepit buaya pada salah satu ujung kawat. Ikat dengan kawat kecil agar kuat.
Gambar Penjepit Kertas

3. Masukkan kawat kedalam selang kecil.
Masukkan Kawat Ke dalam Selang Kecil

4. Aduk pasir dan semen dengan air sepenuh kaleng tadi. Tapi jangan dituang dulu!

5. Masukkan kawat(bagian tanpa jepit) dan tuang adonan cor tadi.
Tunggu Hingga Cor Mengering

6. Tunggu hingga kering cor nya.

Saat sudah kering siram cor tadi dengan air mengalir.

"Kok disuruh siram air sih? Nanti cor nya basah lagi dong,"

Kan sudah dijelaskan, siram cor saat sudah benar-benar kering. Kalau masih basah ya jelas rusak lah.

Kok jadi debat yak, hehe

Penyiraman air pada cor bertujuan untuk membuat gelembung udara yang masih tersimpan dalam cor agar pecah dan akhirnya cor jadi lebih padat dan kuat.

Jika sudah jadi silahkan dicoba untuk menjepit benda yang beratnya kurang dari 1 kg.

Berikut bukti penjepit PCB yang saya buat, kuat jepit speaker 4" (inci) yang beratnya ± ½ kg.
Kuat Menjepit speaker 4" ½ kg
Kuat Menjepit speaker 4" ½ kg

Saya berani menjamin pasti nggak akan ambruk. Sebab cor yang padat dan kuat tadi yang menahan beban benda dijepit tersebut.

Berikut gambar saat saya menyolder PCB dengan penjepit PCB buatan saya.
Hasil Menyolder dengan Penjepit PCB
Hasil Menyolder dengan Penjepit PCB

Jika proses pembuatanmu benar, silahkan komen hasilnya di kolom komentar dibawah postingan ini.

Namun apabila belum seperti yang diinginkan, kamu juga bisa bertanya di kolom komentar tentang apa yang perlu dibenahi.

Cukup sekian artikel tentang Cara Membuat Penjepit PCB Mudah Banget versi EMANSATECH kali ini.

Silahkan dishare jika kamu merasa terbantu dengan adanya tulisan sederhana ini. Semoga bermanfaat ^_^

3 Responses to "Cara Membuat Penjepit PCB Mudah Banget"

  1. kreatif sekali, coba dibikin vidio di youtube tutornya, biar lebih greget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe pengennya gitu, tapi blm ada persiapan, insya allah akan saya buatin mas.😉

      Hapus
  2. Wah makasih gan, boleh juga tutornya buat penjepit pcb. Btw ukuran kawatnya berapa gan?

    BalasHapus

Berkomentar yang baik dan membangun, sebelumnya terima kasih sudah berkomentar^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel